THE EXPERIENCE OF SHADOW TEACHERS IN HELPING CHILDREN WTH SPECIAL NEEDS IN TELOGO PATUT ELEMENTARY SCHOOL I GRESIK

Abd Nasir, Indah Winarni, Retno Lestari

Abstract


Guru pendamping dalam menjalani profesinya selalu berhadapan dengan anak berkebutuhan khusus yang mengalami gangguan intelektual, gangguan perilaku dan emosi serta gangguan belajar. Hal ini merupakan pekerjaan yang melelahkan karena guru pendamping harus bisa memastikan bahwa anak selalu adaptif selama pembelajaran, beradaptasi dengan berbagai karakter anak, meluangkan banyak waktu. Namun keberadaan anak dikelas kurang tidak didukung dengan pedoman pembelajaran yang jelas. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi makna pengalaman guru pendamping anak berkebutuhan khusus dalam menjalani profesinya. Metoda penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi Interpretif.Analisa data menggunakan pendekatan Interpretative Phenomenology Analysis. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi yang melibatkan enam orang partisipan. Penelitian ini menghasilkan 9 tema yaitu yaitu : (1) menganggap pekerjaannya merupakan berkah dari Allah, (2) merasakan ada hikmah membantu sesama, (3)  menguras pikiran dan emosi, (4) merasa putus asa di awal menjalani profesinya, (5) merasa apa yang dikerjakan bermakna, (6) meyakini anak bisa disiplin dengan penegakan aturan yang ketat, (7) meyakini cara visualisasi membuat anak mampu memusatkan perhatian, (8) merasa perlu membangun kebersamaan, dan (9) merasa kepedulian pemerintah dan masyarakat masih kurang. Membangun rasa kebersamaan antar guru pendamping perlu dipertahankan dan dilakukan dengan sepenuh hati sehingga menghasilkan prestasi yang luar biasa bagi anak berkebutuhan khusus.

 

Kata Kunci : Guru Pendamping, Anak Berkebutuhan Khusus, profesi


Full Text:

PDF PDF Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Keperawatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.