HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DALAM PEMBERIAN IMUNISASI DASAR DENGAN STATUS IMUNISASI BAYI DI DESA WILAYAH KERJA PUSKESMAS DRINGU KABUPATEN PROBOLINGGO

Authors

  • Sri Winarsih FKUB
  • Fransiska Imavike
  • Rizka Yunita

Abstract

Imunisasi merupakan suatu upaya untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs) yang bertujuan menurunkan angka kematian anak. Imunisasi merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi terutama pada masa bayi. Kebutuhan dasar anak secara alamiah harus dipenuhi oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua dalam pemberian imunisasi dasar dengan status imunisasi bayi di Desa Wilayah Kerja Puskesmas Dringu Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki bayi usia 12 bulan dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Variabel yang diukur pada penelitian ini adalah peran orang tua dalam pemberian imunisasi dasar dan status imunisasi bayi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas ayah dan ibu termasuk dalam kategori peran buruk dengan pemberian imunisasi dasar tidak lengkap sebanyak 26 orang (55.3%) dan 24 orang (51.1%). Bayi mendapatkan imunisasi dasar tidak lengkap sebanyak 30 orang (63.83%). Berdasarkan uji chi-square, diperoleh nilai p=0.000 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara peran orang tua dalam pemberian imunisasi dasar dengan status imunisasi bayi. Berdasarkan hasil penelitian ini, orang tua disarankan untuk berperan aktif dalam upaya pemeliharaan kesehatan anak melalui pemberian imunisasi dasar sesuai jadwal.

Kata kunci: peran orang tua, status imunisasi bayi



Downloads


Published

2013-11-01

How to Cite

Winarsih, S., Imavike, F., & Yunita, R. (2013). HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DALAM PEMBERIAN IMUNISASI DASAR DENGAN STATUS IMUNISASI BAYI DI DESA WILAYAH KERJA PUSKESMAS DRINGU KABUPATEN PROBOLINGGO. Journal of Nursing Science Update (JNSU), 1(2), pp.135–140. Retrieved from https://jik.ub.ac.id/index.php/jik/article/view/22

Issue


Section

Articles