PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS DENGAN PEMBAGIAN KELOMPOK BERDASARKAN METODE FRIENDSHIP GROUP DAN RANDOM GROUP DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Abstract
Metode pembelajaran tugas kelompok merupakan suatu metode pembelajaran yang jarang ditinggalkan dalam rangkaian proses belajar mengajar. Dalam prakteknya, ada banyak sekali metode pembagian kelompok yang sering diterapkan terutama metode friendship group dan random group. Mahasiswa sebagai elemen penting masyarakat yang dipercaya sebagai kelompok terdidik ternyata tidak bisa lepas dari masalah kecemasan. Kecemasan merupakan perasaan yang tidak menyenangkan dan dapat menimbulkan gejala-gejala fisiologis yang bisa menghambat pencapaian ideal yang diharapkan dari seorang mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas terkait penggunaan metode pembagian kelompok friendship group dan random group. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskripsi analitik komparatif dengan pendekatan Cross Sectional yang terdiri dari variabel independent berupa metode friendship group dan random group serta variabel dependent berupa tingkat kecemasan yang akan diukur mengunakan instrumen Zung Self-Rating Anxiety Scale (SAS). Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya angkatan 2007, 2008, 2009 dan 2010 pengambilan sampel dengan cara stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan statistik uji Mann-Whitney dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan uji Mann-Whitney tersebut, didapatkan P-value sebesar 0,000, oleh karena 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan kecemasan yang signifikan antara metode friendship group dengan metode random group.
Kata Kunci : Mahasiswa, Kecemasan, Friendship group, Random group
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is held by its author.
- Author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License or CC BY-NC 4.0 license, allowing others to share the work with acknowledgment of authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in an Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange, as well as earlier and larger citations of the published work.
- Articles and all related material published are distributed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License or CC BY-NC 4.0 license.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Journal of Nursing Science Update (JNSU) provides open access to anyone so that the information and findings in this article are useful for everyone. JNSU can be accessed and downloaded free of charge, free of charge, subject to Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License or CC BY-NC 4.0 license .
JNSU is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License or CC BY-NC 4.0 license.