PENGARUH PSIKOEDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN, INTENSI, DAN SICK ROLE BEHAVIOURPADA PASIEN KATARAK DENGAN PENDEKATANMODEL THEORY OF PLANNED BEHAVIOUR AJZEN
Abstract
Perilaku peran sakit memainkan peran penting untuk pengobatan katarak pada pasien dengan katarak. Masalah obat-obatan dan psikososial yang idak masuk akal timbul sebagai akibat dari katarak membuat pasien menghindari perawatan medis. Dengan demikian, psikoedukasi sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi pada sick role behaviour pada pasien katarak berdasarkan Teori Ajzen tentang Rencana Perilaku. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment pre dan post test control group dengan menggunakan teknik simple random sampling yang diperoleh 10 subjek pada kelompok perlakuan dan 10 subyek dalam kelompok kontrol. Variabel independen adalah psikoedukasi dan variabel dependen adalah pengetahuan, niat, dan perilaku peran sakit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan dari psikoedukasi pada pengetahuan pasien dengan katarak, 2) ada pengaruh yang signifikan dari psikoedukasi terhadap niat pasien dengan katarak, 3) ada pengaruh yang signifikan dari psikoedukasi terhadap perilaku peran sakit pada pasien dengan katarak. Psikoedukasi bisa meningkatkan pengetahuan sehingga akan meningkatkan niat untuk menjalankan perilaku peran sakit pada pasien dengan katarak. Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah: 1) hasil penelitian dapat digunakan sebagai intervensi dalam pengelolaan perilaku peran sakit pada pasien katarak, 2) pengetahuan perawat perlu ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan, 3) penelitian lain perlu dikembangkan dengan menggunakan intervensi lainnya.Kata kunci: psikoedukasi, katarak, sick role behaviour, Theory of planned behaviour.Published
2016-05-27
Issue
Section
Articles
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is held by its author.
- Author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License or CC BY-NC 4.0 license, allowing others to share the work with acknowledgment of authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in an Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange, as well as earlier and larger citations of the published work.
- Articles and all related material published are distributed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License or CC BY-NC 4.0 license.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Journal of Nursing Science Update (JNSU) provides open access to anyone so that the information and findings in this article are useful for everyone. JNSU can be accessed and downloaded free of charge, free of charge, subject to Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License or CC BY-NC 4.0 license .
JNSU is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License or CC BY-NC 4.0 license.